Kamis, 26 April 2012

Dasar-dasar PHP

PHP adalah bahasa pemrogram web yang paling banyak dipakai saat ini, untuk mencoba belajar PHP, maka diperlukan beberapa software yaitu, Web server apache, MySQL dan PHPmyAdmin serta PHP itu sendiri.
Instalasi satu persatu jarang dilakukan karena selain susah, juga makan waktu, maka untuk instalasi belajar PHP ini kita bisa menggunakan Salah satu paket  bundle yang bernama Appserver.

Penjelasan Komponen
1.Apache
 adalah sofware yang bertugas menerima request dari user dan memberikan dokumen html keuser tersebut (lewat browser).

2.PHP
adalah bahasa pemrograman yang dipakai di sisi server, fungsi dari PHP adalah membuat halaman web dinamis, misal form guestbook, counter pengunjung, atau membaut laporan secara dinamis dalam bentuk PHP.

3.MySQL
 adalah database server yang tugasnya menyimpan tabel tabel data yang biasanya dipakai di website untuk menyimpan data user, berita, counter, dan data data lainnya.

4.PhpMyAdmin
adalah tool “front-end” berbasis web, fungsinya adalah Appserv adalah tool all-in-one dimana seluruh software yang akan dipakai dalam pemrograman PHP sudah d includekan.


Menjalankan PHP
untuk menambahkan kode PHP ke dalam sebuah halaman, anda mesti menaruhya dalam PHP tag

<?PHP

?>

Segala sesuatu yang diletakkan di dalam PHP tag akan dieksekusi oleh web server sebagai kode PHP, dan text di luar PHP tag akan segera dikirim ke web browser sebagai HTML biasa.

Untuk membuat website dinamis, anda harus tahu bagaimana cara mengirim data ke web browser. PHP menyediakan banyak function untuk melakukan hal tersebut, yang paling banyak digunakan adalah print() dan echo(). Untuk mengirim sebuah text "Nama saya PHP" ke web browser caranya sangat mudah:

echo "Nama saya PHP"; atau echo 'Nama saya PHP';

atau anda dapat menggunakan print():

print "Nama saya PHP"; atau print 'Nama saya PHP';

seperti anda lihat, penggunaan echo dan print untuk mengirim text / data ke browser adalah dengan menempatkan text / data yang akan dikirim dalam tanda petik dua " atau tanda petik satu ' dan diakhiri dengan tanda titik kome ;

Menulis Komentar
Seperti bahasa pemrograman lainnya, PHP juga bisa disisipi dengan komentar untuk mengingatkan tentang sesuatu. Untuk menulis komentar dalam PHP ada tiga cara, yang pertama adalah menggunakan tanda #
# ini adalah komentar

yang kedua adalah dengan menggunakan 2 buah slash
//ini juga komentar
echo 'helo word'; // say helo word


yang ketiga adalah dengan diapit tanda /* */
/*ini adalah komentar
bentuk ketika */

ini digunakan untuk menulis komentar lebih dari satu baris. sedangkan cara satu dan dua digunakan untuk menulis komentar dalam satu baris. Komentar tidak akan dieksekusi oleh web server.

 Variabel PHP

Variabel adalah tempat untuk menyimpan data sementara. Nilai dari sebuah variabel bisa text, bilangan atau data yang lainnya. PHP memiliki 8 tipe variabel: boolean (true - false), integer, floating point (desimal), string, array, object, resource dan null. Aturan penulisan varibel dalam php adalah sebagai berikut:
  1. Sebuah variabel harus dimulai dengan tanda dolar $ misalnya, $namaVariabel;
  2. Nama variabel dapat berisi kombinasi dari huruf, angka dan underscore misal, $customer_1;
  3. Karakter pertama setelah tanda dolar harus huruf atau underscore, tidak boleh angka.
  4. nama variabel dalam PHP case-sensitive, artinya $namaVariabel berbeda dengan $Namevariabel.
Variabel diisi nilai (di-asign) dengan tanda sama dengan = misal, $name = 'Andi'. Dan variabel dapat ditampilkan tanpa tanda petik seperti :
echo $name;
print $name;

atau dapat ditampilkan dengan tanda petik dua:
echo "Hello, $name";
anda tidak bisa menampilkan varibel dengan tanda pertik satu:
echo 'Helo, $name'; // ini tidak akan bekerja, salah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar